Mengapa Anak perlu Belajar SEMPOA

Teknologi berhitung boleh semakin canggih, tetapi ada warisan lama yang justru semakin digali orang. Sempoa adalah contohnya.
Metode berhitung dengan sempoa telah diterima di dunia internasional sebagai salah satu alternatif mengoptimalkan kerja otak.
Dengan sempoa, otak kiri dilatih dengan logika sempoa, sedang otak kanan dilatih imajinasi pergerakan biji-biji sempoa.


Sempoa sistem 1-4 atau sempoa Jepang (soroban) merupakan sistem desimal murni yang hanya terdiri dari 2 baris manik-manik. Baris bagian atas terdiri dari 1 baris manik-manik dan baris bagian bawah terdiri dari 4 baris manik-manik. Ada juga soroban dengan 5 baris manik-manik pada setiap kolom. 
Baris manik-manik bagian atas (sebuah manik-manik per batang) bernilai 5, sedangkan manik-manik bagian bawah (4 manik-manik per batang) bernilai 1. Garis tengah di antara kelompok manik-manik tersebut disebut “garis nilai”. Pada kondisi nol, tidak ada manik-manik yang menempel pada garis nilai. Batang sempoa pada posisi paling kanan bernilai satuan, dengan batang di sebelah kirinya bernilai puluhan, ratusan, dan begitu seterusnya ke arah kiri.
Soroban diajarkan di sekolah dasar di Jepang sebagai bagian dari pelajaran operasi operasi aritmatik untuk memperlihatkan bilangan desimal secara visual. Pada waktu belajar menghitung dengan soroban di kelas, guru biasanya memberi instruksi penambahan atau pengurangan dengan bernyanyi.
Sempoa  awalnya berkembang di daratan cina. Tidaklah salah nabi memerintahkan ‘tuntutlah ilmu sekalipun sampai di negeri Cina. Kini, anak-anak tidak usah jauh-jauh pergi ke negeri Cina, karena salah satu ilmu pengetahuan dari cina telah dipelajari mulai dari pra-sekolah. Dengan latihan yang efektif akan terbentuk mental aritmatika, terbentuknya mental aritmatika inilah yang menjadi muara akhir belajar Sempoa Mental Aritmatika.

0 comments:

Contact Us:
Dapatkan solusi Terbaik untuk Anak Anda
Hub: ADE (0878 5183 7114)
(sampai mahir)
E-mail : bee4u40@gmail.com
Contact Us:
Dapatkan solusi Terbaik untuk Anak Anda
Hub: ADE
0878 5183 7114 (XL)
0821 3521 4500 (Simpati)
(sampai mahir)
E-mail : bee4u40@gmail.com
Y.M. : bee4u40
Kursus Sempoa Surabaya. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
1001 Cara Menghasilkan Uang di Internet
Yesterday is history, Tomorrow is mystery, but Today is a gift, Make a beautiful day and Do the best in everything x_x
Lihat profil lengkapku

Links