Kursus Sempoa di Surabaya

Manfaat SEMPOA bagi Anak usia dini

Manfaat sempoa penting sekali. Pada dasarnya, setiap orang tua atau pendidik berharap anak didiknya mampu mencapai tingkat kepandaian yang optimal, dalam arit mampu berpikir secara cepat dan tepat dengan daya konsentrasi yang tinggi. Salah satu cara yang ideal untuk mencapainya adalah melalui pendidikan mental aritmatika. Yang dimaksud dengan mental aritmatika adalah berhitung diluar kepada sebagai suatu ketrampilan (mencongak). Dengan belajar SEMPOA dihaharapkan dapat lebih mengembangkan daya kreasi anak (otak kanan) yang merupakan media penyimpanan yang besar dari pada otak kiri.

Sejarah Sempoa
Alat bantu dalam pendidikan mental aritmatik adalah sebuah alat yang disebut SEMPOA (bahasa bakunya :SWIPOA) atau ABAKUS.
Alat hitung ini pertama kali ditemukan dalam sejarah Babilonia kuno dalam bentuk sebilah papan yang diatasnya ditaburi pasir sehingga orang bisa menulis atau menghitung. Itu sebabnya alat tersebut dinamai abakus yang berasal dari bahasa Yunani ABACOS, yang artinya menghapus debu. 
Bangsa Cina mengembangkan abakus ini menjadi 2 bagian. Pada jeruji atas dimasukkan 2 manik-manik dan 5 manik-manik pada jeruji bawah. Model/bentuk inilah yang membuat abakus/sempoa menjadi amat populer.
Pada abad ke 16, abakus dibawa masuk ke Jepang oleh para pedagang dan bhiksu-bhiksu Buddha dari Cina. Dan bangsa Jepang akhirnya mempunyai ide untuk mengurangi jumlah manik-maniknya menjadi satu pada jeruji atas dan empat pada jeruji bawah. Metoda ini amat praktis sehingga membuat anak-anak Jepang amat menyukai aritmatika. Hal inilah yang membuat Jepang begitu cepat bangkit dari puing-puing kekalahannya pada Perang Dunia II. Dengan generasi muda yang menyukai bidang-bidang eksakta, masuknya Amerika yang membawa teknologi Barat membuat orang Jepang dengan mudahnya mampu meniru, memodifikasi dan bahkan kini telah melampauinya. 

Fenomena ini tidak luput dari perhatian negara-negara tetangganya. Setelah perang Korea yang menyengsarakan pada dekade 50 an, bangsa Korea (Korea Selatan) secara intensif mendidik genarasi mudanya dengan aritmatika model Jepang sehingga pada dekade 60 an mereka sudah bisa menyejajarkan diri dengan negara-negara maju lainnya.
Negara-negara Taiwan yang sudah terbiasa dengan sempoa model Cina, tidak ketinggalan merubah sistem belajarnya dengan metode Jepang. Dan kini Taiwan juga menikmati kemakmuran berkat industrinya yang berbasis hi-tech.

Metoda Berhitung
Metoda berhitung sama halnya dengan belajar matematika dasar, yakni dengan belajar menambah (+) mengurangi (-) mengalikan (x) dan membagi (:) memakai alat SEMPOA.
Pada tahap awal, anak-anak diajarkan menguasai sempoa sampai mahir lalu ketrampilan tangan itu dipindahkan ke dalam alam imajinasinya sampai akhirnya anak-anak tidak memerlukan sempoa lagi.

Usia Ideal Belajar
Usia ideal belajar anak dimulai pada saat si anak memasuki usia sekolah di TK-A, TK-B, Sekolah Dasar (SD) dan paling tinggi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hal ini bertitik tolak pada teori bahwa perkembangan daya pikir anak yang dimulai pada usia 0 sampai 15 tahun memiliki tingkat pertumbuhan yang pesat.

Manfaat Belajar Aritmatika
Melalui belajar mental aritmatika seorang anak akan memperoleh banyak manfaat diantaranya :
  • Meningkatkan kemampuan berhitung lebih cepat diatas rata-rata anak
  • Kemampuan mencongak lebih cepat dan tepat
  • Menyeimbangkan penggunaan otak kiri dan kanan serta mengoptimalkannya untuk mencapai tingkat berfikir yang analisis dan logika berfikir yang benar
  • Terlatihnya daya fikir dan konsentrasi, membantu anak untuk menguasi mata pelajaran yang lainnya. 
  • Menumbuhkembangkan imajinasi sehingga kreatifitas anak berkembang. 
  • Membiasakan diri dengan angka-angka, membuat anak tidak lagi alergi pada pelajaran eksakta.

Hub: ADE  (087851837114)
(sampai mahir) 

0 comments:

Contact Us:
Dapatkan solusi Terbaik untuk Anak Anda
Hub: ADE (0878 5183 7114)
(sampai mahir)
E-mail : bee4u40@gmail.com
Contact Us:
Dapatkan solusi Terbaik untuk Anak Anda
Hub: ADE
0878 5183 7114 (XL)
0821 3521 4500 (Simpati)
(sampai mahir)
E-mail : bee4u40@gmail.com
Y.M. : bee4u40
Kursus Sempoa Surabaya. Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
1001 Cara Menghasilkan Uang di Internet
Yesterday is history, Tomorrow is mystery, but Today is a gift, Make a beautiful day and Do the best in everything x_x
Lihat profil lengkapku

Links